Senin, 06 Januari 2014

Seleksi Sirah Nabawiyah - Dr. Akram Dhiya' Al-Umuri


Judul     : Seleksi Sirah Nabawiyah 
Penulis : Dr. Akram Dhiya' Al-Umuri
Penerbit : Darul Falah 
Jumlah Halaman : 850 hlm/besar-hrd-cv
Jenis Kertas: HVS
Harga : Rp 108.000,- (Diskon 30%) Rp 75.600,-

Sirah Nabi merupakan sumber inspirasi dan pembangkit motivasi. Tak bosan-bosan manusia membacanya. Hal itu tidak mengherankan jika dilihat dari sisi fisik, kepribadian, dan prestasi yang telah dicapai sang Nabi. Bahkan, orang kafir pun mengakuinya. Nabi telah sukses mendidik shahabatnya, membersihkan jiwa mereka, memurnikan akidah mereka, dan menanamkan keikhlasan dalam jiwa mereka. Itulah faktor utama yang menyebabkan para shahabat berhasil menyebarkan Islam, menguatkan Islam dan melakukan berbagai penaklukan, baik Timur dan Barat. Generasi yang ssangat percaya diri di hadapan dua kekuatan raksasa Persia dan Romawai. Adapun motivasi yang melatarbelakanginya, bukanlah karena kepentingan duniawi. Akan tetapi, untuk mencari keridhaan Allah.

Sungguh sangat berbeda generasi ISlam terdahulu dengan generasi Islam saat ini. Generasi Islam dewasa ini tertunduk lemah di bawah ketiak penjajah Barat, laksana generasi tanpa darah. Sudah selayaknya generasi Islam sekarang lebih memperhatikan sejarah Nabi dan para shahabat karena di situlah letaknya kekuatan untuk melawan kesombongan Barat dan musuh-musuh Islam lainnya.

Minat untuk menulis sejarah Nabi sudah muncul sejak awal dalam sejarah Islam. Para ulama ahli sejarah dan ulama ahli hadits sudah menyusunnya.Para penulis sirah dari kalangan ulama ahli sejarah cenderung berusaha untuk menghimpun riwayat-riwayat, lalu menyususnnya tanpa mensyaratkan bahwa yang mereka tulis harus riwayat-riwayat yang shahih. Sebaliknya, penulis sirah dari kalangan ahli hadits lebih menekankan kesahihan suatu riwayat dalam karyanya, baik dari segi matan (teks hadits) maupun periwayatannya. Ada sebagian penulis yang memiliki dua predikat sekaligus, yakni sebagai ahli hadits dan ahli sirah. Di sinilah kelebihan pada riwayat-riwayat yang sahih dan tidak bertentangan dengan konsep Islam yang benar.

Keluasan ilmu dan ketajaman analisis penulis tidak diragukan lagi. Beliau mempelajari sirah Nabi 20 tahun di Fakultas Adab Universitas Baghdad. kemudian, diteruskan dalam kajian tingkat tinggi di Universitas Madinah Al-Munawarah. Sejak tahun 1976-1988 membimbing para mahasiswa pasca sarjana untuk meraih gelar master dan doktor di Universitas Madinah Al Munawarah. Tesis-tesis tersebut mengenai riwayat dalam sirah Nabi menurut ulama ahli hadits.

 

0 komentar:

Posting Komentar