Minggu, 05 Januari 2014

Sejarah Otentik Zulqarnain - 'Muhammad Khair Ramadan Yusu


Judul     : Sejarah Otentik Zulqarnain 
Penulis : 'Muhammad Khair Ramadan Yusu
Penerbit : Darul Falah 
Jumlah Halaman : 316 hlm/besar
Jenis Kertas: HVS
Harga : Rp 31.500,- (Diskon 30%) Rp 22.050,-

Para sejarawan berbeda pendapat mengenai siapa Zulqarnain? Di antara mereka ada yang mengatakan tigaratus tahun sebelum Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam hidup. Adapun kebanyakan ulama berpendapat bahwa yang dimaksud Zulqarmain mengerucut pada tiga orang yaitu: Iskandar Al-Maqduni, Sha'ab Zulqarnain Al Himyari, dan seseorang yang hidup di masa Nabi Ibrahim Alaihis-Salam.

Ada sebuah pendapat baru yang disampaikan oleh sejarawan kontemporer bahwa yang dimaksud Zulqarnain adalah Koresh Al-Akhmini Al-Farisi. Sebaliknya pendapat lain mengatakan bahwa yang dimaksdu Zulqarnain bukanlah mereka berempat. Tetapi Zulqarnain itu bukanlah nama seseorang melainkan julukan. Lalu apa sebab julukan itu diberikan kepadanya? Apakah ada hadits shahih yang menerangkan tentang hal itu? Lalu pendapat mana yang lebih benar?


Jelas sekali identitas Zulqarnain masih samar. Hampir setiap aspek memunculkan berbagai pendapat ulama. Ini biasa terjadi pada tokoh-tokoh sejarah yang tidak disebutkan dalam buku-buku sejarah shahih. Jika Anda ingin mengatakan sesuatu sebelum membaca buku ini, maka mayoritas cerita-cerita aneh tentang Zulqarnain hanyalah berasal dari periwayatan Ahlul-Kitab. Buku ini adalah hasil ikhtiar penulis yang mencoba mengungkap tokoh misterius Zulqarnain dalam sudut pandang obyektif sejarah dengan realitas ayat-ayat Al-Qur'an, hadits-hadits shahih dan pendapat para ulama yang terpercaya.
 

0 komentar:

Posting Komentar