Senin, 23 Desember 2013

Kumpulan Tanya Jawab Bid'ah Dalam Ibadah - Hammud bin Abdullah Al-Mathr


Judul     : Kumpulan Tanya Jawab Bid'ah Dalam Ibadah 
Penulis : Hammud bin Abdullah Al-Mathr
Penerbit : Darul Falah
Jumlah Halaman : 574 hlm/besar-hrd-cv
Jenis Kertas: HVS
Harga : Rp 73.000,- (Diskon 30%) Rp 51.100,-

Kitab ini menghimpun berbagai fatwa dan risalah mengenai bid'ah ‘perkara baru' dalam ibadah dan apa-apa yang tanpa dalil, yang dihimpun dari:

(1) Syaikh Abdul Aziz bin Baaz;

(2) Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin;

(3) Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin;

(4) Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan;

(5) Al-Lajnah Ad-Daimah li Al-Buhuts Al-Ilmiyah wa Al-Ifta' (Panitia Kajian Ilmiah dan Fatwa)

Penyusun menyebutkan apa yang diungkapkan para ulama mengenai hal tertentu yang termasuk dalam kategori bid'ah, perkara baru, apa-apa yang tidak ada dalilnya, tidak pernah dicontohkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam , dan tidak pernah diamalkan di zaman Sahabat Radhiyallahu Anhum.

Materi kitab ini memberikan rujukan bagi setiap muslim untuk beriltizam kepada sunnah dan waspada terhadap bid'ah. Sebab, syari'at Islam ini telah sempurna. Dalam riwayat Ahmad disebutkan hadits Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam,

“Tidaklah suatu kaum membuat bid'ah, kecuali Allah akan mengangkat darinya sunnah. Berpegang teguhlah kamu dengan sunnah. Hal itu lebih baik daripada mengadakan bid'ah.”

Kitab ini membahas tentang berbagai macam perkara bid'ah dalam ibadah, di antaranya: dalam perkara adzan, wudhu, shalat, zakat, puasa, haji, umrah, jenazah, minta berkah, tawasul, pernikahan, kurban, hari raya, do'a, dzikir, dan lain-lainnya.

Siapkanlah hati kita untuk menerima sunnah dan meninggalkan segala bentuk bid'ah jika kita benar-benar menaati Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan mencintai Allah sehingga amal kita diterima di sisi-Nya. Orang yang mencintai pasti mengikuti yang dicintainya. Allah berfirman,

“Katakanlah, ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu'.” (Ali Imran: 31)


Insya Allah, Anda dapat merasakan nikmatnya ibadah.

0 komentar:

Posting Komentar