Rabu, 25 Desember 2013

At-Tawakkal Alallah Ta'ala - Dr. Abdullah bin Umar Ad-Dumaiji


Judul     : At-Tawakkal Alallah Ta'ala 
Penulis : Dr. Abdullah bin Umar Ad-Dumaiji
Penerbit : Darul Falah
Jumlah Halaman : sd-Hrd Cvr, 368
Jenis Kertas: HVS
Harga : Rp 50.000,- (Diskon 30%) Rp 35.000,-

At-Tawakkal Alallah Ta'ala yang diketengahkan dalam buku ini mencakup hakikat tawakal, sudut pandang aqidah, urgensi, buah, macam-macam, sebab-sebab yang terkait, dan fenomena lemahnya tawakal kepada Allah tersebab kebanyakan manusia senantiasa menyandarkan permasalahan kepada sebab-sebab semata.

Ibnu Rajab berkata tentang tawakal, “Ia adalah hakikat bergantungnya hati kepada Allah Azza wa Jalla dalam mendatangkan kebaikan dan menolak bahaya dari urusan dunia dan akhirat.”

Ibnul Qayyim berkata, “Tawakal adalah setengah agama.”

Dan manusia pada zaman ini ada tiga tingkatan:

Pertama: orang-orang yang berpura-pura tawakal, tidak mau bekerja dan menjalani sebab-sebab, ini jelas menyelisihi Sunnatullah pada alam ini.

Kedua: orang-orang yang menjalani atau melakukan sebab-sebab tapi meninggalkan tawakal, mereka ini adalah orang-orang materialistis.

Ketiga: ahlul haq , yaitu orang-orang yang melakukan sebab-sebab dan bertawakal kepada Allah Azza wa Jalla . Ini adalah jalan para nabi dan rasul, mereka beramal untuk surga dan bertawakal kepada Allah.

Kita memohon agar kiranya Allah Ta'ala memasukkan kita ke dalam tingkatan yang tertinggi dan mulia; seorang yang berusaha dan bertawakal, sebagaimana qudwah (teladan) kita Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam. Amin.

 

0 komentar:

Posting Komentar