Minggu, 25 Agustus 2013

Presiden Iran Akui Penggunaan Senjata Kimia dalam Konflik Suriah

Teheran, - Untuk pertama kalinya, Iran akhirnya mengkonfirmasi tuduhan penggunaan senjata kimia di Suriah. Negara yang beraliansi dengan Suriah ini membenarkan, namun buru-buru mengingatkan agar hal serupa jangan terjadi lagi.

Pernyataan tersebut langsung dilontarkan oleh Presiden Iran Hassan Rouhani. Namun dia tidak menyebutkan secara detail siapa yang menggunakan senjata terlarang tersebut.

"Banyak orang-orang tak bersalah di Suriah terluka dan mati karena senjata kimia dan ini sangat disayangkan," kata Rouhani seperti dilansir Reuters, Minggu (25/8/2013).

Sebelumnya Menlu Iran juga telah menuding penggunaan senjata kimia oleh kelompok oposisi di Suriah. Kelompok oposisi ini berperang untuk menjatuhkan rezim Bashar al-Assad.

"Kami sangat mengecam penggunaan senjata kimia dan republik Iran sendiri merupakan korban dari senjata kimia ini," kata Rouhani.

Iran pernah mendapatkan serangan senjata kimia oleh militer Irak dalam perang pada 1980-1988. Sedangkan pemerintah Suriah sendiri telah membantah penggunaan senjata tersebut.

http://news.detik.com/read/2013/08/25/043053/2339675/1148/presiden-iran-akui-penggunaan-senjata-kimia-dalam-konflik-suriah

0 komentar:

Posting Komentar