Kamis, 29 Agustus 2013

Khasiat dan Manfaat Propolis


Khasiat dan manfaat propolis bagi tubuh sudah tidak diragukan lagi. Mengoleskan propolispada bagian luar tubuh yang terluka mampu menjaga tubuh manusia dari serangan jamur dan bakteri. Pada saat perang Boer, propolis digunakan untuk tujuan ini. Propolis juga diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, dan meningkatkan sistem imunitas dengan merangsang kelenjar timus.
Sifat antibiotik pada propolis juga berfungsi  menghambat pertumbuhan staphylococcus aureus, sejenis bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi serius. Propolis juga bisa digunakan sebagai salep, dan diklaim sebagai obat luka yang sangat baik. Khasiat propolis lainnya adalah, menurunkan tekanan darah tinggi  dan penyakit jantung koroner.
Propolis juga efektif untuk mengurangi pilek dan batuk, serta bekas luka dan memar, karena propolis mengandung flavonoid dengan kadar tinggi dan vitamin B. Propolis juga memiliki efek inflamasi, karena salah satu komponennya caffeic acid phenethyl ester (CAPE), manfaat propolis lainnya adalah mampu mencegah pertumbuhan suatu jenis bakter yang disebuthelicobacter pylori, yang sering dihubungkan dengan ulcus peptic .
Selain bermanfaat buat kesehatan tubuh manusia, ternyata propolis juga mengandung khasiat dan manfaat sebagai vernis kayu, atau mengkilapkan kayu. Tahukah Anda konon pemain biola terkenal Stardivarius menggunakan propolis untuk mem-vernis biolanya.
Khasiat dan manfaat propolis yang tak kalah penting adalah bisa digunakan sebagi P3K atau kotak obat yang siap sedia memberikan pertolongan pertama bagi anggota keluarga yang mengalami kecelakaan,  terluka atau lebam, bahkan digigit serangga atau bentol digigit nyamuk pun, propolis bereaksi cepat mengatasinya, biidznillah.

0 komentar:

Posting Komentar