Kamis, 22 Agustus 2013

Menlu Saudi : Suriah Layak disebut Negeri yang Terjajah






Suriah saat ini bisa dianggap sebagai “Negeri yang terjajah,” kata Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Saud al-Faisal pada Selasa dalam pertemuan pers dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry.


Faisal menggambarkan intervensi Iran dan Hizbullah di Suriah sebagai hal yang berbahaya, mengatakan kekuatan oposisi harus diberikan bantuan militer untuk membela diri.

“Perkembangan yang paling berbahaya adalah partisipasi asing, diwakili oleh Hizbullah dan milisi lain yang didukung oleh pasukan Pengawal Revolusi Iran,” kata Faisal, seperti dikutip Reuters.

Faisal mengkritik sekutu Suriah, Rusia yang mengatakan “tidak ada logika” pelarangan Rusia menyediakan senjata kepada rezim Suriah.

“Saudi terpanggil untuk mengeluarkan resolusi internasional yang tegas untuk menghentikan pemberian senjata kepada rezim Suriah dan menyatakan tidak  ada pengakuan rezim Suriah,” kata Faisal, seperti dikutip Reuters.

Kerry berkunjung ke Arab Saudi dengan harapan ia dapat mengkoordinasikan dukungan untuk para pejuang oposisi Suriah di tengah kekhawatiran bahwa perang saudara berkepanjangan dan akan menimbulkan ekstrimis Islam.

Selain menemui menteri luar negeri Saudi, Kerry juga akan terlibat dalam pembicaraan dengan  Kepala intelijen Pangeran Bandar bin Sultan, ia mengarahkan upaya Saudi untuk menjatuhkan rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Pembahasan mencakup rencana pemerintahan Obama untuk memberikan dukungan militer kepada Jenderal Salim Idriss dari Dewan Tertinggi Militer, FSA,  sayap militer utama kelompok oposisi sipil Suriah.

Arab Saudi telah meningkatkan keterlibatannya dalam krisis Suriah dalam beberapa bulan terakhir, menyediakan rudal anti-pesawat untuk para pemberontak, antara lain senjata, menurut Reuters.

Pekan lalu, Kerry dan rekan-rekan Negara barat dan Negara Arab bertemu di Doha, menyetujui untuk mengintensifkan dukungan untuk pemberontak Suriah.

Namun, Italia dan Jerman sangat menentang langkah itu. (Arby/Dz)

0 komentar:

Posting Komentar